Langsung ke konten utama

Atur ulang pengaturan WiFi laptop.



           Pada kesempatan kali ini solusi yang akan saya hadirkan adalah seputar sambungan internet dengan laptop kita. Hal ini saya hadirkan untuk menjawab pertanyaan yang muncul di sebuah forum tanya jawab beberapa waktu yang lalu. Beberapa diantara kalian pastilah pernah yang namanya mengalami sulit tersambung ke jaringan internet nirkabel milik kalian sendiri. Padahal sehari-harinya kalian sudah biasa menggunakan laptop kalian untuk menjelajahi internet. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi kestabilan sistem yang ada di komputer kalian, baik itu konfigurasi jaringan, atau pun konfigurasi perangkat keras yang kamu gunakan untuk memancarakan sinyal nirkable serta terkadang juga dipengaruhi hal yang lain seperti jenis IP (IPV6 atau IPV4). Berikut akan saya paparkan penyebab-penyebab masalah tersebut beserta solusi singkat bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Tetapi saya mohon maaf bila saya bisa menyajikan beberapa contoh solusi dari masalah ini, dikarenakan masalah waktu yang sangat-sangat terbatas sehingga saya tidak bisa menulis sepanjang jalan lintas provinsi dan selebar lapangan terbang.

 Penyebab masalah sulit tersambung dengan jaringan nirkabel adalah:
  1. Filter Mac Address.
  2. Jenis enkripsi kata sandi yang tidak sesuai.
  3. Update driver nirkabel yang keliru atau tidak sesuai dengan tipe (asal comot sekedar sama mereknya).
  4. Pemasangan perangkat lunak yang saling bertabrakan atau memiliki fungsi yang sama sehingga saling tumpang tindih: Software proxy, software VPN, Tor dan lain-lain dalam satu komputer.
  5. Lebar pita jaringan yang tidak sesuai (sering terjadi pada jaringan milik konsumen korporasi).


Solusinya:

  1. Mematikan fungsi filter Mac Address yang ada dalam pengaturan akses poin. Bila hal ini tidak kamu lakukan maka kamu tak akan pernah bisa tersambung ke jaringan nirkabel kamu. Silakan masuk ke menu pengaturan akses poin kamu dan cari menu yang bertuliskan Wireless security dan kemudian cari tombol disable.
  2. Umumnya bila kita menyambungkan ke jaringan nirkabel maka enkripsinya secara otomatis akan menyesuaikan dengan yang diminta oleh akses poin. Terkadang ada beberapa akses poin yang tidak menghidupkan fitur DHCP-nya sehingga kita harus memasukkan konfigurasi IP serta konfigurasi keamanan yang berupa jenis enkripsi kata sandi secara manual. Saat memasukan kata sandi inilah terkadang kita keliru memilih jenis enkripsi yang dipakai, sehingga membuat kita sulit untuk tersambung ke jaringan.
  3. Memperbarui driver sesuai dengan tipe dari perangkat keras yang dipakai di laptop kita. Bila hal ini dilanggar maka dapat mengakibatkan sesuatu yang di luar dugaan, sebagai contoh lagi asik browsing dalam waktu lima menit tiba-tiba sambungan internet kita terputus atau malah komputer blue screen. Maka sangat disarankan untuk memperbarui driver sesuai dengan merek dan tipe yang tertera pada perangkat keras kita.
  4. Penyebab yang nomor empat di atas solusinya silakan lihat gambar.
Reseting winsock
Command Prompt Admin
  •   Buka Command prompt dan jalankan sebagai Administrator.
  • Masukan perintah berikut "Netsh winsock reset" kemudian tekan enter. Apabila ada konfirmasi sukses maka semua pengaturan jaringan di belakang layar telah diatur sesuai dengan pengaturan standar bawaan sistem operasi.

      5. Sedangkan yang terakhir adalah jenis pita jaringan yang tidak sesuai walau sebelumnya dapat berjalan dengan baik tapi selang beberapa bulan langsung timbul masalah, karena diakibatkan   pemrosesan data yang tidak sebagai mana mestinya. Lebar pita tersebut tergantung dari izin yang Anda miliki maka harap periksa dengan teliti izin lebar pita yang Anda miliki sebelum melakukan penyambungan internet nirkabel. 

Mohon maaf bila penjelasan kurang terperinci, jika masih menemui masalah silakan tanyakan pada kolom komentar di bawah. 
Reset jaringan
Reset Konfigurasu Jaringan


reset jaringan nirkabel/wifi
Konfirmasi reset











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Programming AT89s52 CHIP Enabled Program Error

Selamat malam bagi rekan semua. Sudah lama sekali rasanya jari saya tidak menuliskan sesuatu yang bermanfaat bagi teman-teman semua. Di malam idul fitri ini saya ingin membagikan artikel pendek mengenai solusi dan cara mengatasi "Chip Enabled Program Error" yang terjadi ketika kita mau membakar kode ke dalam Chip AT89s52 dengan menggunakan USBASP. Sebelumnya saya juga mencari tahu sana sini untuk memecahkan masalah ini dan setelah tiga bulan pencarian dan dengan kenekatan keuangan yang sangat tipis akhirnya saya mampu mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah ini. Berikut caranya silakan baca perlahan dan coba pahami biar sukses. 1. Silakan geser slider dengan tulisan programming di sebelah kiri ProgISP menjadi Low. Setelah itu coba lagi. 2. Bila cara di atas tidak manjur silakan pakai cara kedua ini. Menurut datasheetnya untuk memprogram At89s51/T89s52 nilai tegangan pada kaki RST harus tinggi, maka silakan naikkan nilai tegangan pada kaki 9/RST. Bila masih bing

Cara mengetahui tombol download palsu

Untuk menghindari tombol download palsu atau jebakan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan: Periksa URL halaman web secara cermat. Pastikan bahwa URL yang tercantum di bilah alamat adalah URL yang asli dan terpercaya. Hindari mengklik tombol download dari halaman web yang memiliki URL yang mencurigakan atau tidak dikenal. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya mencurigakan. Perhatikan tampilan tombol download, apakah terlihat asli dan terpercaya atau tidak. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya aneh atau terlalu mencolok. Gunakan software antivirus dan firewall yang terbaru. Software antivirus dan firewall akan membantu melindungi komputer Anda dari serangan malware dan virus. Pastikan software antivirus dan firewall yang Anda gunakan selalu terbaru dan diperbarui secara teratur. Hindari mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya. Jangan mengunduh file dari situs web atau sumber yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Pastikan bahwa sumber file yang A

Charging laptop sambil berkendara

Selamat pagi teman-teman semua kali ini saya akan berbagi tips sederhana yang sangat berguna bagi para pekerja lepas yang selalu bepergian jauh dan mempunyai waktu istirahat yang lumayan pendek. Tips ini saya bagikan bagi mereka teknisi lepas dan sering berpindah tempat menggunakan motor atau kendaraan roda dua pada umumnya. Sebelum melangkah ke tips tersebut akan saya jelaskan sedikit alasan kenapa saya harus berbagi tips ini. Suatu saat yang lalu saya merupakan teknisi dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dan kebetulan saya merupakan spesialis hardware sehingga pekerjaan saay utamanya berhubungan dengan hardware, bisa mesin pencetak mesin imaging sampai dengan mesin pengirim data yang merupakan produk prototype. Untuk menunjang kelancaran tugas saya, saya sering naik angkutan umum sebagai contoh bus antar kota antar propinsi, untuk mencapai tujuan di mana klien kami berada. Selama naik angkutan  umum saya mengalami banyak masalah seperti peralatan saya yang menggun