Langsung ke konten utama

Kenapa waktu akan menulis kursor selalu lari ke halaman paling bawah.



Selamat siang kali ini saya akan membahas tips komputer mengenai penyakit yang sering melanda laptop dan netbook. Penyakit ini tergolong penyakit biasa tetapi bila dibiarkan akan sangat mengganggu aktivitas kita sehingga membuat kita malas untuk melakukan pekerjaan kita. Mungkin beberapa dari kalian pernah mengalami atau melihat kejadian aneh seperti ini di mana waktu kalian menyalakan komputer dan mau mengetik sesuatu kursor kalian lompat ke halaman paling atas atau terkadang ke halaman paling bawah dari program yang kamu gunakan untuk mengetik sebuah artikel.
Terkadang penyakit ini bisa sembuh sendiri dan terkadang penyakit ini tidak dapat sembuh sendiri seperti sedia kala. Hal yang perlu diingat bahwa ini adalah peralatan elektronik yang dibuat menggunakan rumus matematis dengan hasil yang pasti maka bila penyakit ini terjadi pastilah tidak akan bisa sembuh sendiri karena peralatan elektronik tidak memiliki imune. Berikut silakan simak penyebab masalah ini:
Soket keyboard terkena debu
Socket Keyboard

Penyebab:
  1.  Keyboard korslet.
  2. Kabel keyboard terbakar atau korslet.
  3.  Debu.
  4. Chipset pengonversi keyboard (contoh: ENE) korslet.
  5. Keyboard kepanasan.
  6. Tombol korslet.
bagian ini sering terkan debu
Motherboard VPC


Solusi:

  1. Untuk solusi dari permasalahan nomor satu maka hal yag perlu Anda lakukan adalah cukup mengganti keyboard atau papan tombol dari laptop atau netbook Anda. Cukup copot dengan melepas baut pengikat yang ada di bagian bawah laptop dan kemudian ganti dengan yang baru. Masalah Anda sudah teratasi dengan benar, tapi perlu diingat cara mencopotnya tidak boleh sembarangan karena dapat merusak bagian lain dari perangkat laptop Anda. Sebaiknya bawa saja ke ahlinya daripada Anda akan menyesal.
  2. Solusi masalah kedua yang sering terjadi pada laptop model lama yang masih memiliki bobot seberat nisob zakat ke atas. Pada laptop model lama sebenarnya kabelnya memiliki kualitas yang cukup bagus tapi ada kalanya hal ini dapat terjadi karena malasnya para pemilik laptop untuk membersihkan bagian-bagian tertentu di dalam laptop sehingga panas yang ada dalam laptop tidak dapat keluar secara bebas. Panas yang dihasilkan tersebut terakumulasi sehingga menyebabkan kabel pita menjadi terbakar dengan bekas terbakar untuk beberapa merek lokal dan dengan kondisi getas atau mudah patah pada merek internasional. Mohon maaf saya tidak menyinggung merek karena teakutnya dapat di duga mendeskreditkan merek tertentu.  Untuk menggantinya otomatis kamu harus membeli keyboard yang baru dari toko suku cadang setempat dengan tipe dan bentuk yang sama.
  3. Ini adalah solusi untuk permasalahan ketiga yang merupakan permasalahan sepele tapi sering terjadi pada laptop milik anak kos terutama para masiswa dan siswi. Seringnya penggunaaan laptop pada tempat-tempat yang kurang diperhatikan kebersihannya, debu akan masuk melalui lubang intake fan yang berada di sisi bawah laptop untuk beberapa merek lain ada di sisi belakang bawah LED. Debu ini akan menyumbat lubang keluar dari kipas processor dan mengakibatkan panas yang menanjak dengan sangat cepat. Selain lewat lubang tersebut debu-debu tersebut dapat masuk melalui lubang slot kartu SD dan juga DVD room dan USB. Ada ungkapan bahwa debu tidak mungkin masuk melalui lubang USB dan DVD. Kenyataannya saat kipas prosesor berputar di dalam laptop terdapat tekanan angin yang menyedot hawa panas untuk dikeluarkan melalui lubang pembuangan angin prosesor. Hal inilah yang menarik debu untuk masuk melalui lubang-lubang kecil seperti lubang usb dan lain-lain. Solusi sederhanannya silakan bersihkan debu yang menempel pada permukaan papan induk (motherboard) dan pasang lagi keyboard kalian. Bila hal ini tidak dapat menyelesaikan masalah maka dipastikan ada penyebab lain.
  4. Masalah nomor empat ini jarang terjadi tapi solusi ini tetap saya sampaikan dan sangat berguna bagi dukun laptop karena sampai detik ini masih terjadi pada beberapa tipe laptop dengan nomor belakang XX24X, mohon maaf tidak menyebut merek karena tidak ada afiliasi dengan program ini. Hal ini disebabkan karena pemasangan chip ini yang tdak sempurna sehingga mengakibatkan arus yang keluar masuk tidak stabil dan selain itu disebabkan karena terlalu ekonomisnya harga produksi chip maka tidak mengherankan bila dalam proses pemakaiannya terdapat beberapa hal yang tidak dapat diantisipasi oleh chip ini. Contoh sederhananya laptop minum kopi (terjadi pada laptop dengan nomor di atas), laptop berenang di laut dan masih ada penyebab lain yang tidak bisa saya ungkapkan di sini. Solusi singkatnya silakan lakukan penggantian chip ini. Untuk proses penggantiannya silakan menghubungi dukun laptop terdekat karena pastinya Anda tidak akan memiliki peralatan yang memadai untuk melakukan penggantian chip ini. 
  5. Permasalahan yang terkahir ini sering terjadi pada komputer yang sudah uzur atau sudah berusia di atas enam tahun. Ini terjadi pada hampir semua merek terutama yang banyak beredar di pasaran. Masalah di atas akan muncul ketika laptop Anda sudah digunakan lebih dari enam jam dan panas processor sudah berada di atas 39 derajat. Secara perlahan keyboard Anda akan bertingkah kacau seperti orang bingung terkadang lompat ke halaman bawah dan terkadang mengetik huruf tertentu secara tak beraturan. Solusinya segera ganti keyboard Anda.
  6. Untuk permasalahan yang terakhir ini jarang terjadi pada laptop dengan merek yang sudah Anda kenal. Hal ini sering terjadi pada laptop dengan harga yang sangat luar biasa murah. Penyebab utamanya adalah faktor kelembapan dan juga debu yang masuk ke bagian bawah tombol keyboard sehingga membuat keyboard korslet atau terus menempel sehingga terlihat seolah-olah keyboard Anda macet. Solusi singkatnya ganti keyboard Anda.
Bila ada hal yang ingin ditanyakan atau ada hal yang ingin dikonsultasikan silakan komen di kolom komentar yang telah disediakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Programming AT89s52 CHIP Enabled Program Error

Selamat malam bagi rekan semua. Sudah lama sekali rasanya jari saya tidak menuliskan sesuatu yang bermanfaat bagi teman-teman semua. Di malam idul fitri ini saya ingin membagikan artikel pendek mengenai solusi dan cara mengatasi "Chip Enabled Program Error" yang terjadi ketika kita mau membakar kode ke dalam Chip AT89s52 dengan menggunakan USBASP. Sebelumnya saya juga mencari tahu sana sini untuk memecahkan masalah ini dan setelah tiga bulan pencarian dan dengan kenekatan keuangan yang sangat tipis akhirnya saya mampu mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah ini. Berikut caranya silakan baca perlahan dan coba pahami biar sukses. 1. Silakan geser slider dengan tulisan programming di sebelah kiri ProgISP menjadi Low. Setelah itu coba lagi. 2. Bila cara di atas tidak manjur silakan pakai cara kedua ini. Menurut datasheetnya untuk memprogram At89s51/T89s52 nilai tegangan pada kaki RST harus tinggi, maka silakan naikkan nilai tegangan pada kaki 9/RST. Bila masih bing

Cara mengetahui tombol download palsu

Untuk menghindari tombol download palsu atau jebakan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan: Periksa URL halaman web secara cermat. Pastikan bahwa URL yang tercantum di bilah alamat adalah URL yang asli dan terpercaya. Hindari mengklik tombol download dari halaman web yang memiliki URL yang mencurigakan atau tidak dikenal. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya mencurigakan. Perhatikan tampilan tombol download, apakah terlihat asli dan terpercaya atau tidak. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya aneh atau terlalu mencolok. Gunakan software antivirus dan firewall yang terbaru. Software antivirus dan firewall akan membantu melindungi komputer Anda dari serangan malware dan virus. Pastikan software antivirus dan firewall yang Anda gunakan selalu terbaru dan diperbarui secara teratur. Hindari mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya. Jangan mengunduh file dari situs web atau sumber yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Pastikan bahwa sumber file yang A

Charging laptop sambil berkendara

Selamat pagi teman-teman semua kali ini saya akan berbagi tips sederhana yang sangat berguna bagi para pekerja lepas yang selalu bepergian jauh dan mempunyai waktu istirahat yang lumayan pendek. Tips ini saya bagikan bagi mereka teknisi lepas dan sering berpindah tempat menggunakan motor atau kendaraan roda dua pada umumnya. Sebelum melangkah ke tips tersebut akan saya jelaskan sedikit alasan kenapa saya harus berbagi tips ini. Suatu saat yang lalu saya merupakan teknisi dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dan kebetulan saya merupakan spesialis hardware sehingga pekerjaan saay utamanya berhubungan dengan hardware, bisa mesin pencetak mesin imaging sampai dengan mesin pengirim data yang merupakan produk prototype. Untuk menunjang kelancaran tugas saya, saya sering naik angkutan umum sebagai contoh bus antar kota antar propinsi, untuk mencapai tujuan di mana klien kami berada. Selama naik angkutan  umum saya mengalami banyak masalah seperti peralatan saya yang menggun