Langsung ke konten utama

Sambungan internet sering Limited access


Pada kesempatan kali ini saya akan menjawab dan memberikan solusi untuk permasalahan yang sering terjadi pada pengguna internet kabel dan juga nirkabel. Permasalahan ini sering hadir pada saat-saat yang tidak tepat atau tidak diharapkan kehadirannya dan kita cenderung frustasi ketika berhadapan dengan masalah ini. Selain kita tidak dapat menerka atau mengetahui penyebabnya secara lagnsung hal ini juga sangat mengganggu terutama ketika kita sedang mengunduh berkas dengan ukuran yang lumayan besar. Untuke mengetahui beberapa penyebab hal ini silakan simak baik-baik coretan saya di halaman blog ini.

Jaringan bermasalah
Tidak ada Internet



  • Penyebab I
 Masalah pertama ini sering timbul yang disebabkan umur dari perangkat keras yang kita gunakan sudah memasuki usia pensiun atau lebih dikenal dengan istilah LEM BIRU (Lempar Beli yang Baru). Hal ini ditandai dengan jaringan yang sering putus dan terkadang perangkat kerasa tersebut tiba-tiba hilang dari pengelola perangkat, hal ini berlaku pada semua tipe laptop. Bila perangkat penerima jaringan ini sudah korslet maka dapat menyebabkan laptop Anda tidak bisa hidup dan hal ini terjadi pada beberapa tipe merek terutama yang sering dibeli oleh kalangan pelajar. Untuk solusi dari permasalah ini sangatlah mudah. Silakan langsung buka bagian bawah laptop dan lihat sebuah papan PCB yang memiliki kabel berwarna orange hitam dan atau putih hitam pada beberapa merek. Kemudian silakan lepas dan ganti dengan yang baru.
  • Penyebab II
Pada penyebab kedua ini masalah yang mungkin dan juga sering terjadi adalah pada driver perangkat keras penerima sinyal Anda. Bila laptop Anda tidak memiliki Sistem operasi OEM maka kemungkinan besar masalah ini dapat terjadi. Hal ini disebabkan karena beberapa pabrikan tidak menyediakan dukungan driver di situs mereka, sehingga para teknisi menggunakan cara lain sebagai contoh mengambil driver dari merek lain yang memiliki nomor chip yang sama. Pada awalnya satu atau dua bula laptop Anda akan berjalan dengan normala tanpa ada masalah sedikit pun, tapi seiring berjalannya waktu komputer Anda pastilah mengambil pembaruan dari server. Dari sinilah masalah itu timbul, ketika komputer Anda mengambil pembaruan sistem operasi maka secara langsung driver yang masuk akan disesuaikan dengan nomor dan merek yang dipakai. Saat driver sudah dimuat maka Anda akan mulai menjumpai permasalahan tersebut. Solusinya silakan periksa dengan benar pembaruan yang tersedia sebelum melakukan pengungunduhan berkas pembaruan driver Anda daripada nanti Anda akan menyesal.
  • Penyebab III
Pada bagian ini Anda pastinya memerlukan pengetahuan dasar mengenai pengaturan alamat IP dan juga routing serta firewall. Pada bagian ini beberapa perangkat memiliki batasan/limit jumlah ip dan perangkat yang dapat tersambung ke perangkat pemancar sehingga walau kita lihat jumlah perangkat yang sedang aktif di bawah jumlah maksimum tetapi perangkat kita masih tidak dapat tersambungkan. Hal ini disebabkan oleh pengaturan pemancar dan terkadang juga disebabkan oleh kejenuhan dari prosesor yang digunakan oleh radio pemancar. Solusi dari permasalah ini pertama adalah dengan mematikan dan menghidupkan ulang radio pemancar internet Anda kurang lebih 2 sampai 3 menit tergantung dari merek dan tipe. Kemudian silakan lakukan penyambungan perangkat Anda. Apabila perangkat Anda tetap tidak tersambung walau Anda sudah memasukkan kata kunci dengan benar maka dapat dipastikan bahwa Anda harus menimpa pengaturan otomatis (DHCP) perangkat penerima Anda menjadi manual. Silakan catat terlebih dahulu jenis Ip yang digunakan pada pemancar Anda apakah kelas A, Kelas B dan atau kelas C. Kemudian lakukan penyuntingan pada perangkat penerima Anda dan sesuaikan gateway serta Ip yang digunakan pada perangkat pemancar Anda. Bila pengaturan sudah betul tetapi Anda masih belum bisa tersambungkan maka dipastikan bahwa terdapat pembatasan menggunakan firewall dalam perangkat pemancar Anda. Hal ini hanya terjadi pada beberapa merek pemancar radio nirkabel dengan harga menengah ke atas. Silakan masuk ke pengaturan radio pemancar Anda dan lakukan pengaturan ulang pada firewall Anda.
  • Penyebab IV
ADSL
Penyebab yang terkahir ini hanya sering terjadi pada tempat-tempat yang berada di pedesaan, hal ini disebabkan banyaknya faktor X yang memperngaruhi. Silakan lihat gambar di samping, di situ terlihat bahwa hanya ada dua lampu yang menyala yaitu lampu power dan Wi-Fi saja sedangkan lampu ADSL mati. Hal ini dapat dipastikan bahwa terjadi gangguan pada kabel telepon atau fiber yang menuju ke tempat Anda. Solusinya silakan periksa kabel yang menuju ke ADSL Anda apakah putus karena disayangi oleh layang-layang (untuk kabel yang berada di luar rumah kita) dan atau disebabkan adanya beberapa pohon yang sedang kelelahan dan mau numpang istirahan di kabel telepon atau fiber yang menuju ke rumah Anda. Bila Anda ragu dan tidak dapat menemukan bagian yang kabel yang menjadi penyebab masalah ini maka jalan terbaik adalah silakan menghubungi penyedia layanan jaringan internet Anda.


Untuk penyebab lainnya akan saya bahas di waktu yang akan datang apabila ada dari para rekan yang mengalami masalah dan ingin mengetahui solusi cara pemecahannya. Silakan tulis pendapat Anda di kolom komentar di bawah postingan ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Programming AT89s52 CHIP Enabled Program Error

Selamat malam bagi rekan semua. Sudah lama sekali rasanya jari saya tidak menuliskan sesuatu yang bermanfaat bagi teman-teman semua. Di malam idul fitri ini saya ingin membagikan artikel pendek mengenai solusi dan cara mengatasi "Chip Enabled Program Error" yang terjadi ketika kita mau membakar kode ke dalam Chip AT89s52 dengan menggunakan USBASP. Sebelumnya saya juga mencari tahu sana sini untuk memecahkan masalah ini dan setelah tiga bulan pencarian dan dengan kenekatan keuangan yang sangat tipis akhirnya saya mampu mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah ini. Berikut caranya silakan baca perlahan dan coba pahami biar sukses. 1. Silakan geser slider dengan tulisan programming di sebelah kiri ProgISP menjadi Low. Setelah itu coba lagi. 2. Bila cara di atas tidak manjur silakan pakai cara kedua ini. Menurut datasheetnya untuk memprogram At89s51/T89s52 nilai tegangan pada kaki RST harus tinggi, maka silakan naikkan nilai tegangan pada kaki 9/RST. Bila masih bing

Cara mengetahui tombol download palsu

Untuk menghindari tombol download palsu atau jebakan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan: Periksa URL halaman web secara cermat. Pastikan bahwa URL yang tercantum di bilah alamat adalah URL yang asli dan terpercaya. Hindari mengklik tombol download dari halaman web yang memiliki URL yang mencurigakan atau tidak dikenal. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya mencurigakan. Perhatikan tampilan tombol download, apakah terlihat asli dan terpercaya atau tidak. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya aneh atau terlalu mencolok. Gunakan software antivirus dan firewall yang terbaru. Software antivirus dan firewall akan membantu melindungi komputer Anda dari serangan malware dan virus. Pastikan software antivirus dan firewall yang Anda gunakan selalu terbaru dan diperbarui secara teratur. Hindari mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya. Jangan mengunduh file dari situs web atau sumber yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Pastikan bahwa sumber file yang A

Charging laptop sambil berkendara

Selamat pagi teman-teman semua kali ini saya akan berbagi tips sederhana yang sangat berguna bagi para pekerja lepas yang selalu bepergian jauh dan mempunyai waktu istirahat yang lumayan pendek. Tips ini saya bagikan bagi mereka teknisi lepas dan sering berpindah tempat menggunakan motor atau kendaraan roda dua pada umumnya. Sebelum melangkah ke tips tersebut akan saya jelaskan sedikit alasan kenapa saya harus berbagi tips ini. Suatu saat yang lalu saya merupakan teknisi dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dan kebetulan saya merupakan spesialis hardware sehingga pekerjaan saay utamanya berhubungan dengan hardware, bisa mesin pencetak mesin imaging sampai dengan mesin pengirim data yang merupakan produk prototype. Untuk menunjang kelancaran tugas saya, saya sering naik angkutan umum sebagai contoh bus antar kota antar propinsi, untuk mencapai tujuan di mana klien kami berada. Selama naik angkutan  umum saya mengalami banyak masalah seperti peralatan saya yang menggun