Langsung ke konten utama

Melihat Penyebab Blue Screen



   Bagi beberapa orang yang sering menggunakan komputer pastinya pernah menjumpai beberapa masalah yang menimpa komputer mereka entah masalah perangkat lunak mau pun masalah perangkat keras. Yang paling menjengkelkan adalah ketika pas sedang asik-asiknya bekerja tiba-tiba komputer kita mati mendadak dan kemudian keluar tulisan berwarna putih berlatar biru. Pastinya kita jadi bingung apa sih yang menyebabkan komputer kita mati mendadak sedangkan tulisan tersebut hanya menyebutkan dumping memory 0x00 sekian... sekian. Kebanyakan orang langsung stress ketika melihat komputer mereka memunculkan tulisan ini dan sekita itu langsung mematikan saja komputer mereka tanpa sempat menulis kode error yang tertera pada layar biru tersebut. Beberapa masalah layar biru ini/blue screen ini memang bisa diselesaikan dengan hanya menghidupkan ulang komputer sedangkan masalah yang lainya membutuhkan penanganan yang lebih serius. Jadi untuk lebih mengetahui apa penyebab komputer kita mengeluarkan gambar biru tersebut marilah kita periksa dengan seksama penyebabnya. Berikut adalah penyebab yang sering mengakibatkan blue screen/alias layar biru:

1. Nomor driver yang tidak sesuai
    Banyak dari kita mungkin tidak hafal dengan nomor serta pabrikan chipset sehingga saat kita memasang driver kita hanya berpatokan pada merek dan tipe saja tanpa memperhatikan bahwa driver tersebut sudah digitally signing by Microsoft apa belum. Dengan hanya berpatokan pada DVD driver yang merupakan bawaan pabrik kita biasanya langsung memasang driver yang ada, padahal disitu tertera beberapa jenis driver yang mungkin saja sesuai dan juga mungkin saja memperburuk keadaan. Saking bingungnya biasanya kita langsung pasang semua driver yang ada di dalam folder tersebut tanpa memperhatikan jenis chipset yang dimiliki komputer kita. Jika beruntung maka perangka kita akan bisa bekerja secara normal dan jika nasib kita apes maka komputer kita akan diam sebentar dan kemudian keluar layar biru/blue screen dan kemudian mati.

2. Library perangkat lunak yang bertabrakan
    Penyebab kedua ini biasanya hanya terjadi pada beberapa perangkat lunak yang masih menggunakan bahasa pemrograman yang ketinggalan zaman alias sudah usang dan parahnya lagi si programmer masih belum mau memperbarui kode sumber dari library yang ia gunakan pada perangkat lunaknya. Oleh sebab itu masalah kesesuaian atau kompatibilitas dari perangkat lunak sangatlah penting untuk dipertimbangkan sebelum kita memasang perangkat lunak pada komputer kita. Usahakan semua perangkat lunak yang kita gunakan telah sesuai dengan versi sistem operasi yang kita gunakan, jangan terlalu memaksa untuk memasang perangkat lunak yang sudah usang pada sistem operasi yang baru dari pada menyesal belakangan.
3. Perangkat keras yang setengah korslet alias akan dan mau menyambut kematian
    Penyebab ketika ini sering terjadi pada laptop dan juga netbook dan sangat jarang sekali terjadi pada komputer jenis destop. Bilapun terjadi pada komputer jenis destop hal itu dikarenakan umur dan juga kualitas dari perangkat keras tambahan yang sudah tidak memenuhi standar alias terlalu murahan. Blue screen pada laptop atau notebook umumnya disebabkan oleh perangkat Wifi yang sudah memasuki masa selamatan (meninggal tanpa pesan) dan juga disebabkan oleh perangkat gigi biru (bluetooth). Sedangkan pada PC lebih kepada pemasangan perangkat PCI yang tidak pas alias miring atau perangkat tambahan tersebut seperti VGA, Wifi Card internal yang terselubungi debu.

4. Virus 
    Beberapa virus terutama jenis Win32 dapat menyebabkan masalah seperti ini, karena virus jenis ini akan berusaha untuk memenuhi temporary akses yang ada pada memori/ram dalam komputer kita. Secara singkat virus ini akan berusaha berjalan dan mengontrol semua service yang ia perlukan agar ia mampu berkembang dan atau menjangkiti lebih banyak program yang ada di komputer kita. Jika memori komputer kita berkualitas bagus maka komputer kita semakin lama akan semakin berat sedangkan bila memori komputer kita mempunyai kualitas yang jelek maka kompuer kita akan mengalami blue screen atau layar biru.  


Untuk mengetahui secara mendalam apakah penyebab layar biru tersebut silahkan unduh berkas kecil di bawah ini yang sangat berguna dan dapat membantu kita mengetahui secara detil faktor apakah yang membuat komputer kita mati mendadak.




http://www.nirsoft.net/utils/bluescreenview.zip

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Programming AT89s52 CHIP Enabled Program Error

Selamat malam bagi rekan semua. Sudah lama sekali rasanya jari saya tidak menuliskan sesuatu yang bermanfaat bagi teman-teman semua. Di malam idul fitri ini saya ingin membagikan artikel pendek mengenai solusi dan cara mengatasi "Chip Enabled Program Error" yang terjadi ketika kita mau membakar kode ke dalam Chip AT89s52 dengan menggunakan USBASP. Sebelumnya saya juga mencari tahu sana sini untuk memecahkan masalah ini dan setelah tiga bulan pencarian dan dengan kenekatan keuangan yang sangat tipis akhirnya saya mampu mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah ini. Berikut caranya silakan baca perlahan dan coba pahami biar sukses. 1. Silakan geser slider dengan tulisan programming di sebelah kiri ProgISP menjadi Low. Setelah itu coba lagi. 2. Bila cara di atas tidak manjur silakan pakai cara kedua ini. Menurut datasheetnya untuk memprogram At89s51/T89s52 nilai tegangan pada kaki RST harus tinggi, maka silakan naikkan nilai tegangan pada kaki 9/RST. Bila masih bing

Cara mengetahui tombol download palsu

Untuk menghindari tombol download palsu atau jebakan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan: Periksa URL halaman web secara cermat. Pastikan bahwa URL yang tercantum di bilah alamat adalah URL yang asli dan terpercaya. Hindari mengklik tombol download dari halaman web yang memiliki URL yang mencurigakan atau tidak dikenal. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya mencurigakan. Perhatikan tampilan tombol download, apakah terlihat asli dan terpercaya atau tidak. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya aneh atau terlalu mencolok. Gunakan software antivirus dan firewall yang terbaru. Software antivirus dan firewall akan membantu melindungi komputer Anda dari serangan malware dan virus. Pastikan software antivirus dan firewall yang Anda gunakan selalu terbaru dan diperbarui secara teratur. Hindari mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya. Jangan mengunduh file dari situs web atau sumber yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Pastikan bahwa sumber file yang A

Charging laptop sambil berkendara

Selamat pagi teman-teman semua kali ini saya akan berbagi tips sederhana yang sangat berguna bagi para pekerja lepas yang selalu bepergian jauh dan mempunyai waktu istirahat yang lumayan pendek. Tips ini saya bagikan bagi mereka teknisi lepas dan sering berpindah tempat menggunakan motor atau kendaraan roda dua pada umumnya. Sebelum melangkah ke tips tersebut akan saya jelaskan sedikit alasan kenapa saya harus berbagi tips ini. Suatu saat yang lalu saya merupakan teknisi dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dan kebetulan saya merupakan spesialis hardware sehingga pekerjaan saay utamanya berhubungan dengan hardware, bisa mesin pencetak mesin imaging sampai dengan mesin pengirim data yang merupakan produk prototype. Untuk menunjang kelancaran tugas saya, saya sering naik angkutan umum sebagai contoh bus antar kota antar propinsi, untuk mencapai tujuan di mana klien kami berada. Selama naik angkutan  umum saya mengalami banyak masalah seperti peralatan saya yang menggun