Langsung ke konten utama

Menghilangkan Spyware pted.vbs atau Windows Update Palsu



 Tips komputer pada hari ini akan membahas mengenai keamanan sistem dalam komputer kita. Hal ini bertujuan untuk memperingatkan kamu semua para pembaca blog ini agar selalu waspada dan terhindari berbagai bentuk mara bahaya yang datang tanpa diundang dan tidak mau pergi dengan sendiri. Bagi para penggemar peranti lunak atau software gratisan yang sering di download dari berbagai macam server agar selalu waspada pada setiap berkas yang kamu unduh. Baru-baru ini saya menemukan sebuah script palsu yang menyamar sebagai Windows update, walau script ini sudah lama beredar semenjak awal 2013 tapi kamu semua tetap patut waspada. Apa yang membuat script ini berbahaya? oke dengarkan penjelasan saya yang agak panjang seperti kenalpot bajaj ini. Dari hasil kupasan saya walau hanya beberapa menit belum sampai dua jam saya temukan beberapa perintah berbahaya yang ada dalam script ini antara lain:


windows update palsu
pted.vbs

  1.  Dapat mengubah pengaturan sistem kamu sehingga komputer kamu akan terasa agak berat seperti ada proses atau aplikasi lain yang berjalan di belakang secara tersembunyi. Script ini akan membuat regsitry startup bagi dirinya sendiri dan juga menduplikasi diri dengan tujuan untuk menginfeksi komputer yang lain.
  2. Peranti lunak ini mampu membaca semua aktivitas penjelajahan internet Anda seperti kata kunci apa yang sering Anda cari dan situs apa yang sering Anda kunjungi. Setelah mendapatkan data maka ia akan menggunakan bandwidh atau quota internet Anda untuk mengirim data ke servernya. Setelah data tersinkronisasi dengan server maka spyware ini akan berusaha mengganti atau mengalihkan lalu lintas internet Anda menuju server yang telah dipersiapkan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan semua data pribadi seperti login situs juga akun internet banking Anda. Selain itu spyware ini juga mampu mengundang teman-teman serta mengunduh beberapa script pendukung yang dapat membantu untuk mengunduh beberapa aplikasi trojan yang tidak kamu butuhkan sehingga akan semakin menyiksa komputer kamu.
  3. Script ini mampu untuk menghabiskan bandwidht Anda. Hal ini berdasarkan data yang tidak bisa saya publikasikan dikarenakan terdapat beberapa catatan data pribadi personal yang tidak boleh saya bocorkan. Script ini akan mengunduh beberapa script baru dari sserver induknya yang bertujuan untuk membuat komputer Anda menjadi zombi sehingga komputer Anda menjadi server cadangan bagi beberapa script yang dimilikinya. Tidak hanya berhenti sampai di situ, script ini mampu menanamkan beberapa bot yang berguna untuk mengubah komputer Anda menjadi miner bitcoin sehingga si empunya script dapat memperoleh pendapatan pasif dari penderitaan yang dialami komputer serta jaringan Anda.
Cara menghilangkan!

  • Dengan antivirus
Kamu dapat menggunakan beberapa anti virus gratis yang ada di pasaran untuk menghilangkan script ini. Antivirus tersebut seperti Avira, Esset, Kaspersky, Panda, AVG, Norton, DrWeb. Anti virus tersebut akan menghilangkan script ini dari komputer Anda tapi sayangnya tidak semua anti virus ini dapat menghilangkannya secara tuntas, oleh sebab itu diperlukan bantuan Anda agar script tersebut benar- benar lenyap dari komputer Anda.
  • Secara manual
Apabila Anda ingin menghilangkannya secara manual maka Anda harus berusaha dengan lebih giat dan teliti untuk memeriksa setiap tumpukan jerami yang ada dalam komputer Anda. Bagi para pemula yang tidak mengenal sistem hal ini pasti dapat membuat Anda jengkel hingga bisa membuat Anda frustasi. Tapi nggak perlu khawatir ada beberapa peranti lunak gratis yang dapat kamu manfaatkan untuk membantu memperingankan pekerjaan kamu. Sebelumnya silakan kamu periksa beberapa direktori yang ada pada list di bawah ini:
  • %Temp% (buka run dan kemudian ketik kode tersebut dan enter)
  • %windir%
  • \system32
  • \System
  • \Start Menu\Programs\Startup
  • %AppData%
Kemudian jangan lupa untuk memeriksa registri startup di dalam Registry editor HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run. Apabila di dalamnya kamu temukan Windows update atau semua nama dengan tulisan Vbs maka segere HAPUS. 
Setelah itu silakan buka peranti lunak dengan nama System Explorer  dan lakukan pemindaian visual. Lihat gambar di bawah dan hapus yang saya beri tanda panah, kemudian silakan restart komputer Anda. Beres dah semua sudah bersih seperti semula dan komputer Anda siap untuk dijak bermain game ataupun diajak menonton YouTube.


 
Semoga tulisan yang tak seberapa ini mampu menjawab pertanyaan Anda dan apabila ada keraguan atau pertanyaan silakan tinggalkan coretan di kolom komentar. Selamat makan!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Programming AT89s52 CHIP Enabled Program Error

Selamat malam bagi rekan semua. Sudah lama sekali rasanya jari saya tidak menuliskan sesuatu yang bermanfaat bagi teman-teman semua. Di malam idul fitri ini saya ingin membagikan artikel pendek mengenai solusi dan cara mengatasi "Chip Enabled Program Error" yang terjadi ketika kita mau membakar kode ke dalam Chip AT89s52 dengan menggunakan USBASP. Sebelumnya saya juga mencari tahu sana sini untuk memecahkan masalah ini dan setelah tiga bulan pencarian dan dengan kenekatan keuangan yang sangat tipis akhirnya saya mampu mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah ini. Berikut caranya silakan baca perlahan dan coba pahami biar sukses. 1. Silakan geser slider dengan tulisan programming di sebelah kiri ProgISP menjadi Low. Setelah itu coba lagi. 2. Bila cara di atas tidak manjur silakan pakai cara kedua ini. Menurut datasheetnya untuk memprogram At89s51/T89s52 nilai tegangan pada kaki RST harus tinggi, maka silakan naikkan nilai tegangan pada kaki 9/RST. Bila masih bing

Cara mengetahui tombol download palsu

Untuk menghindari tombol download palsu atau jebakan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan: Periksa URL halaman web secara cermat. Pastikan bahwa URL yang tercantum di bilah alamat adalah URL yang asli dan terpercaya. Hindari mengklik tombol download dari halaman web yang memiliki URL yang mencurigakan atau tidak dikenal. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya mencurigakan. Perhatikan tampilan tombol download, apakah terlihat asli dan terpercaya atau tidak. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya aneh atau terlalu mencolok. Gunakan software antivirus dan firewall yang terbaru. Software antivirus dan firewall akan membantu melindungi komputer Anda dari serangan malware dan virus. Pastikan software antivirus dan firewall yang Anda gunakan selalu terbaru dan diperbarui secara teratur. Hindari mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya. Jangan mengunduh file dari situs web atau sumber yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Pastikan bahwa sumber file yang A

Charging laptop sambil berkendara

Selamat pagi teman-teman semua kali ini saya akan berbagi tips sederhana yang sangat berguna bagi para pekerja lepas yang selalu bepergian jauh dan mempunyai waktu istirahat yang lumayan pendek. Tips ini saya bagikan bagi mereka teknisi lepas dan sering berpindah tempat menggunakan motor atau kendaraan roda dua pada umumnya. Sebelum melangkah ke tips tersebut akan saya jelaskan sedikit alasan kenapa saya harus berbagi tips ini. Suatu saat yang lalu saya merupakan teknisi dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dan kebetulan saya merupakan spesialis hardware sehingga pekerjaan saay utamanya berhubungan dengan hardware, bisa mesin pencetak mesin imaging sampai dengan mesin pengirim data yang merupakan produk prototype. Untuk menunjang kelancaran tugas saya, saya sering naik angkutan umum sebagai contoh bus antar kota antar propinsi, untuk mencapai tujuan di mana klien kami berada. Selama naik angkutan  umum saya mengalami banyak masalah seperti peralatan saya yang menggun