Langsung ke konten utama

Mengganti huruf partisi hard disk atau flash disk


         Tips komputer sore ini akan menyajikan sebuah tips sederhana tapi masih banyak orang yang bingung cara mengeksekusinya. Tips ini sangat berguna bagi kamu-kamu para pemula atau bahkan yang sudah mahir tapi masih lupa... bagaimana cara mengganti huruf partisi hardisk dengan cepat.
Sekilas partisi yang tidak urut atau sesuai tidak menimbulkan masalah terutama bagi mereka-mereka yang telah terbiasa menggunakan komputer, lain hal dengan mereka yang sudah memasuki usia pasiung (pensiun) mereka akan mengalami kebingungan yang sangat yang seolah-olah mereka menduduki api. Sebagai contoh di sebuah keluarga ada nenek A yang mau mengunggah foto cucunya ke halaman wajah buku atau halaman untuk bercuit dengan menggunakan komputer pinjamana milik anak perempuannya. Biasanya ketika beliau menancapkan flash disk atau pun media penyimpanan yang lain ke komputer beliau sendiri maka flash disk beliau akan berada di huruf paling akhir setelah DVD room. Tapi kali ini berbeda setelah beliaunya menancapkan flash disk ke komputer si anak, beliau tidak melihat kehadiran flash disk beliau setelah lama menunggu penampakan dari flash disk beliau akhirnya beliaunya bertanya pada anaknya; "kenapa flash diskku kok nggak tampil di komputermu ya nak?" si anak menjawab dengan entengnya "Flash disk ibu banyak penyakitnya mungkin, coba aku lihat dulu" Setelah diperiksa ternyata flash disk si ibu tersebut berada di partisi dengan huruf yang lain daripada yang lain yaitu huruf A: 

Cara mengubah huruf partisi
Partisi yang perlu diubah

       
Secara otomatis partisi dengan huruf ini biasanya hanya digunakan untuk Floppy yang berukuran lima seperempat dan juga tiga setengah (bagi yang belum mengenal floppy silakan komen di bawah) terus lha kok bisa flash disk si ibu ini naik di atas drive yang seharusnya? Hal ini bisa saja terjadi apabila flash disk yang digunakan si anak mempunyai merek dan tipe yang sama dengan si ibu dan hanya berbeda pada nomer seri produk ditambah lagi si anak sudah terbiasa untuk kreatif dengan mengganti huruf partisi fash disk yang biasanya berada di akhir urutan partisi menjadi di urutan pertama dengan huruf tersebut. Cara menggantinya adalah sebagai berikut:

Langkah untuk Windows 10:
  1. Klik kanan pada pojok kiri bawah dari start menu di komputer kamu.
  2. Gulir ke atas dan silakan pilih Disk Management.
    Disk Management
    Disk Management Window
  3. Setelah kotak disk management terbuka silakan klik kanan Flash disk/hard disk yang ingin diganti hurufnya dan silakan pilih menu Change drive letter and Path.
  4. Pada kotak dialog berikutnya silakan klik tombol Change.
  5. Di kotak yang berikutnya lagi silakan pilih huruf yang ada di sebelah kanan tepatnya disebelah tulisan Assign the following drive letter. Huruf yang kamu pilih ini akan menjadi huruf dari hard disk mau pun flash disk yang akan kamu ganti tadi.
  6. Kemudian silakan klik OK.
    Cara mengatur huruf partisi
    Mengatur huruf partisi
  7. Silakan klik OK lagi.
  8.  Komputer kamu akan refresh sejenak dan kamu dapat melihat hasil pekerjaanmu di windows explorer. Di situ kamu akan melihat bahwa drive yang kamu maksud telah berubah hurufnya.

Demikian tips dari saya bila ada kurang lebihnya ya mohon maaf, mumpung baru lebaran.
Bila ada pertanyaan silakan komen di bawah.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Programming AT89s52 CHIP Enabled Program Error

Selamat malam bagi rekan semua. Sudah lama sekali rasanya jari saya tidak menuliskan sesuatu yang bermanfaat bagi teman-teman semua. Di malam idul fitri ini saya ingin membagikan artikel pendek mengenai solusi dan cara mengatasi "Chip Enabled Program Error" yang terjadi ketika kita mau membakar kode ke dalam Chip AT89s52 dengan menggunakan USBASP. Sebelumnya saya juga mencari tahu sana sini untuk memecahkan masalah ini dan setelah tiga bulan pencarian dan dengan kenekatan keuangan yang sangat tipis akhirnya saya mampu mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah ini. Berikut caranya silakan baca perlahan dan coba pahami biar sukses. 1. Silakan geser slider dengan tulisan programming di sebelah kiri ProgISP menjadi Low. Setelah itu coba lagi. 2. Bila cara di atas tidak manjur silakan pakai cara kedua ini. Menurut datasheetnya untuk memprogram At89s51/T89s52 nilai tegangan pada kaki RST harus tinggi, maka silakan naikkan nilai tegangan pada kaki 9/RST. Bila masih bing

Cara mengetahui tombol download palsu

Untuk menghindari tombol download palsu atau jebakan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan: Periksa URL halaman web secara cermat. Pastikan bahwa URL yang tercantum di bilah alamat adalah URL yang asli dan terpercaya. Hindari mengklik tombol download dari halaman web yang memiliki URL yang mencurigakan atau tidak dikenal. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya mencurigakan. Perhatikan tampilan tombol download, apakah terlihat asli dan terpercaya atau tidak. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya aneh atau terlalu mencolok. Gunakan software antivirus dan firewall yang terbaru. Software antivirus dan firewall akan membantu melindungi komputer Anda dari serangan malware dan virus. Pastikan software antivirus dan firewall yang Anda gunakan selalu terbaru dan diperbarui secara teratur. Hindari mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya. Jangan mengunduh file dari situs web atau sumber yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Pastikan bahwa sumber file yang A

Charging laptop sambil berkendara

Selamat pagi teman-teman semua kali ini saya akan berbagi tips sederhana yang sangat berguna bagi para pekerja lepas yang selalu bepergian jauh dan mempunyai waktu istirahat yang lumayan pendek. Tips ini saya bagikan bagi mereka teknisi lepas dan sering berpindah tempat menggunakan motor atau kendaraan roda dua pada umumnya. Sebelum melangkah ke tips tersebut akan saya jelaskan sedikit alasan kenapa saya harus berbagi tips ini. Suatu saat yang lalu saya merupakan teknisi dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dan kebetulan saya merupakan spesialis hardware sehingga pekerjaan saay utamanya berhubungan dengan hardware, bisa mesin pencetak mesin imaging sampai dengan mesin pengirim data yang merupakan produk prototype. Untuk menunjang kelancaran tugas saya, saya sering naik angkutan umum sebagai contoh bus antar kota antar propinsi, untuk mencapai tujuan di mana klien kami berada. Selama naik angkutan  umum saya mengalami banyak masalah seperti peralatan saya yang menggun