Langsung ke konten utama

Kenapa Bluetooth di laptop tidak dapat tersambung ke ponsel


Salam sejahtera pada semua, kali ini tips komputer akan membahas permasalahan klasik yang ditanyakan oleh saudara kita yang berada di negeri seberang sana yang berhawa sangat sejuk. Permasalahan yang dihadapi beliau ini adalah seputar penggunaan bluetooth pada laptop. Menurut pemaparan beliau bahwa bluetooth yang ada di latopnya tidak dapat tersambung dengan ponsel dan juga speaker bluetoothnya. Untuk lebih mengetahui penyebab dari masalah ini marilah kita pahami dulu bahwa secara standar semua laptop yang memiliki bluetooth telah dipasang driver sebelum dijual ke pasar tetapi ada juga beberapa merek yang tidak memasang driver bluetooth pada saat barang tersebut dijual. Hal tersebut dikarenakan laptop yang dijual dalam keadaan tidak menggunakan OS apapun atau sering dikenal kosongan. Bila melihat tempat tinggal beliau dan pasar barang elektronik di sekitar beliau maka dapat dipastikan bahwa beliaunya membeli laptop dengan kondisi sudah siap pakai dengan bebagai macam fiturnya yang telah aktif, tapi kenapa bluetoothnya tidak dapat digunakan?. Mari kita bahas penyebabnya.
Bluetooth tidak dapat tersambung
Bluetooth


Penyebab:
  1. Driver bluetooth terhapus secara tidak sengaja.
  2. Bluetooth dalam keadaan mati.
  3. Perangkat keras bluetooth meninggal.
  4. Kunci keamanan yang tidak sesuai.
  5. Metode pencarian mati.
Dari penyebab di atas maka dapat ditarik solusi pembenahan sebagai berikut:
  1. Untuk permasalahan yang terjadi pada nomor satu (driver bluetooth terhapus) maka kamu cukup mendatangi situs resmi dari merek tersebut dan mengunduh driver yang tersedia pada menu dukungan/support. Pada halaman ini jangan asal mengunduh driver sebab terdapat beberapa pilihan yang mesti kamu tepati seperti contoh jenis OS serta nomor seri dari laptop kamu yang dapat kamu lihat pada bagian bawah laptop kamu. Silakan unduh driver yang sesuai dengan OS yang kamu pakai dan kemudian pasang. Setelah kamu pasang maka pada pojok sebelah kanan bawah kamu akan melihat ikon bluetooth dengan gambar garis simbol berwarna putih. 
  2. Untuk permasalah yang kedua ini dapat kamulihat dari warna garis gambar ikon, apabila ikon bluetooth kamu memiliki garis simbol berwarna merah maka dapat dipastikan bahwa bluetooth kamu dalam keadaan mati atau tidak mendapat aliran listrik dari laptop kamu. Untuk menyalakannya silakan cari gambar bluetooth pada keyboard mulai F3 hingga F10 dan ada pula beberapa merek yang memiliki tombol Bluetooth terpisah. Silakan eksekusi tombol tersebut untuk menghidupkannya. Setelah kamu berhasil menghidupkannya maka logo gambar bluetooth akan memiliki warna garis putih dan siap untuk digunakan.
  3. Sedangkan untuk permasalahan yang ketiga ini memang agak sulit untuk diketahui apakah benar perangkat bluetooth kamu meninggal ataukah malah tidak terpasang secara sempurna. apabila seluruh hal di atas telah kamu coba tetapi bluetooth kamu masih belum hidup maka hal yang harus kamu lakukan adalah membuka penutup bagian bawah dari laptop kamu dan silakan cari modul bluetooh kamu yang berbentuk kotak kecil dengan kertas warna putih berlogo bluetooth, silakan periksa apakah perangkat keras ini menancap dengan sempurna ataukah malah hilang dari tempatnya. Apabila kamu lihat perangkat keras ini menancap sempurna tetapi tidak bisa dihidupkan lewat tombol, maka dapat dipastikan bahwa bluetooth kamu meninggal. Solusinya adalah dengan mengganti perangkat ini dengan yang baru.
  4. Untuk persoalan pada poin nomor empat ini sangat jarang terjadi karena secara otomatis kunci keamanan akan ditampilkan pada pengguna untuk dimasukan pada perangkat yang akan dipasangkan dengan bluetooth laptop. Hal ini dapat terjadi apabila kamu memasang driver yang tidak sesuai atau kompatibel dengan perangkat sehingga enkripsi kata kunci tidak dapat dihasilkan atau digenerate. Solusi termudah dari permasalahan ini adalah seperti pada poin nomor satu, yaitu silakan pasang ulang driver bluetooth yang sesuai dengan OS serta versi dari laptop kamu.
  5. Untuk permasalahan yang berada pada poin nomor lima ini adalah permasalahan yang sering terjadi bluetooth plug and play atau bisa disebut dengan bluetooth tambahan. Ketika kita menancapkan bluetooth eksternal maka secara otomatis di pojok kanan bawah akan tampil logo bluetooth dengan garis warna simbol berwarna putih tapi yang jadi masalah ketika kita melakukan pencarian maka dia tidak akan dapat mengenali perangkat kita. Solusinya adalah dengan mengaktifkan metode pencarian dari perangkat sehingga perangkat ini mampu mencari perangkat lain disekitarnya walau perangkat tersebut menyembunyikan identitasnya. Silakan klik kanan gambar bluetooth kemudian masuk ke setting dan cari tulisan network discovery kemudian centang dan terapkan atau ok maka bluetooth kamu sudah siap untuk digunakan.
Sementara segini dulu perihal solusi mengenai bluetooth yang saya dapat hadirkan kepada kamu semua bila masih ada masalah silakan berkomentar pada kolom komentar di bagian bawah dari postingan ini. Terima kasih telah mampir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Programming AT89s52 CHIP Enabled Program Error

Selamat malam bagi rekan semua. Sudah lama sekali rasanya jari saya tidak menuliskan sesuatu yang bermanfaat bagi teman-teman semua. Di malam idul fitri ini saya ingin membagikan artikel pendek mengenai solusi dan cara mengatasi "Chip Enabled Program Error" yang terjadi ketika kita mau membakar kode ke dalam Chip AT89s52 dengan menggunakan USBASP. Sebelumnya saya juga mencari tahu sana sini untuk memecahkan masalah ini dan setelah tiga bulan pencarian dan dengan kenekatan keuangan yang sangat tipis akhirnya saya mampu mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah ini. Berikut caranya silakan baca perlahan dan coba pahami biar sukses. 1. Silakan geser slider dengan tulisan programming di sebelah kiri ProgISP menjadi Low. Setelah itu coba lagi. 2. Bila cara di atas tidak manjur silakan pakai cara kedua ini. Menurut datasheetnya untuk memprogram At89s51/T89s52 nilai tegangan pada kaki RST harus tinggi, maka silakan naikkan nilai tegangan pada kaki 9/RST. Bila masih bing

Cara mengetahui tombol download palsu

Untuk menghindari tombol download palsu atau jebakan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan: Periksa URL halaman web secara cermat. Pastikan bahwa URL yang tercantum di bilah alamat adalah URL yang asli dan terpercaya. Hindari mengklik tombol download dari halaman web yang memiliki URL yang mencurigakan atau tidak dikenal. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya mencurigakan. Perhatikan tampilan tombol download, apakah terlihat asli dan terpercaya atau tidak. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya aneh atau terlalu mencolok. Gunakan software antivirus dan firewall yang terbaru. Software antivirus dan firewall akan membantu melindungi komputer Anda dari serangan malware dan virus. Pastikan software antivirus dan firewall yang Anda gunakan selalu terbaru dan diperbarui secara teratur. Hindari mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya. Jangan mengunduh file dari situs web atau sumber yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Pastikan bahwa sumber file yang A

Charging laptop sambil berkendara

Selamat pagi teman-teman semua kali ini saya akan berbagi tips sederhana yang sangat berguna bagi para pekerja lepas yang selalu bepergian jauh dan mempunyai waktu istirahat yang lumayan pendek. Tips ini saya bagikan bagi mereka teknisi lepas dan sering berpindah tempat menggunakan motor atau kendaraan roda dua pada umumnya. Sebelum melangkah ke tips tersebut akan saya jelaskan sedikit alasan kenapa saya harus berbagi tips ini. Suatu saat yang lalu saya merupakan teknisi dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dan kebetulan saya merupakan spesialis hardware sehingga pekerjaan saay utamanya berhubungan dengan hardware, bisa mesin pencetak mesin imaging sampai dengan mesin pengirim data yang merupakan produk prototype. Untuk menunjang kelancaran tugas saya, saya sering naik angkutan umum sebagai contoh bus antar kota antar propinsi, untuk mencapai tujuan di mana klien kami berada. Selama naik angkutan  umum saya mengalami banyak masalah seperti peralatan saya yang menggun