Langsung ke konten utama

Komputer restart terus saat akan digunakan


Kali ini tips komputer akan membahas mengenai permasalahan yang melanda pada komputer yang sudah berusia lebih dari empat tahun. Permasalahan yang saya hadirkan kali ini merupakan masukan dari saudara kita yang berada jauh di wilayah timur Indonesia. Penyakit ini merupakan ciri khas penyakit yang menyerang pada komputer jenis desktop atau juga dikenal dengan komputer meja. Seringnya terjadi pada komputer jenis rakitan dengan harga yang terbilang sangat ekonomis, tetapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada komputer yang berasal atau rakitan luar negeri. Sebenarnya banyak penyebab dari kasus ini tapi kali ini saya akan mengetengahkan beberapa penyebab saja yang sangat sering terjadi pada komputer tipe ini.

Penyebab:

  1. Hard disk.
  2. Power supply.
  3. Random Access Memori (RAM)

Penjelasan dan solusinya:

komputer sering mati dan hidup
Hard disk penyebab restart
  1. Kenapa penyebabnya adalah hard disk? Pertanyaan yang bagus. Apabila hard disk Anda sudah berusia lebih dari yang dianjurkan oleh pabrikan dengan kondisi pemakaian yang sangat luar biasa berat maka ada beberapa hal yang membuat hard disk menyebabkan komputer restart terus. Hard disk Anda memiliki bad block lebih dari tiga puluh persen sehingga sewaktu komputer Anda mengakses blok tersebut terutama yang ada bac sektornya maka komputer Anda akan bekerja sangat keras. Pada saat inilah semua sumber daya dikerahkan sepenuhnya untuk menunjang kinerja komputer yang berujuan untuk mengakses blok data yang ada pada sektor tersebut. Jadi tidak heran bila mana tiba-tiba komputer Anda hang atau berhenti sebentar kemudian restart. Yang terparah apabila bad sektornya berada pada block dengan nomor 000 kemudian diikuti angka 1 maka kemungkinan besar Anda akan melihat komputer Anda hanya sampai dengan tulisan selamat datang dan kemudian restart/rebort. Hal ini tidak hanya terjadi pada komputer dengan OS seperti Wedus saja tim kami pernah juga menjumpai hal ini pada komputer dengan OS berbasis linux yang digunakan untuk mengatur jaringan dalam sebuah perusahaan. Alangkah baiknya Anda sering merawat hard disk komputer Anda paling tidak satu bulan sekali dengan cara melakukan pengecekan kesehatan dan penataan blok lewat Fitur yang telah disediakan oleh OS tersebut. Solusi permasalahan ini yaitu ganti hard disk Anda dengan yang baru.
  2. Untuk permasalahan yang kedua ini relatif jarang terjadi pada komputer jenis build up atau rakitan luar negeri. Permasalahan kedua ini serinya terjadi pada komputer jenis rakitan dengan harga yang sangat dan sangat ekonomis sekali. Permasalahan ini serignya terjadi pada power supply dengan jangkauan harga kisaran seratus ribuan karena tipe ini memiliki transformator yang tidak sesuai dengan perhitungan rumus yang seharusnya.
    komputer sering mati
    Power Supply korslet
    Selain itu tipe power supply ini juga tidak dilengkapi dengan beberapa chip pengaman seperti yang ada pada komputer-komputer jenis build up. Untuk mengetahui apakah benar ini sumber permasalahannya, silakan melakukan pemeriksaan dengan cara lepas semua kabel power supply yang tersambung dalam komputer Anda dan silakan tancapakan beban sebagai contoh bola lampu pijar milik sepeda montor dengan ukuran 65 watt pada kabel berwarna kuning dan hitam. Silakan bebani sesuai dengan tulisan yang tertera pada power supply Anda sebagai contoh bila power supply Anda ukuran 350 Watt maka silakan pasang bola lampu sebanyak 5 biji pada masing-masing soket. Apabila mendekati 80% power supply Anda bergetar dan mati maka bisa dipastikan bahwa terjadi masalah dengan power supply Anda. Solusi paling mudah silakan ganti dengan power supply yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Penyebab masalah yang terkhir ini seringnya terjadi pada komputer dengan paket yang ekonomis dan ditambah dengan kualitas memori yang sangat jelek. Pada dasarnya semua memori itu bagus tetapi menurut versi yang jual sedangkan pada kenyataanya bila kita lakukan uji coba atau bencmarking maka kita akan mengetahui nilai asli atau paling tidak nilai yang mendekati dari nilai sebenarnya dari perangkat keras ini. Tanda dari penyakit yang disebabkan oleh perangkat ini yang mulai minta ganti adalah:
    Komputer sering hidup mati
    RAM
    Bila komputer Anda hidupkan selang beberapa saat terkadang bisa sampai lima menit dan terkadang kurang maka akan timbul garis vertikal di tengah layar yang kemudian perlahan-lahan akan menjadi banyak sampai dengan komputer Anda hang/restart sendiri. Hal ini disebabkan karena kualitas dan juga umur chip yang dipakai untuk ram sudah tidak sesuai dengan anjuran dari pabrikan. Solusi paling mudah dari hal ini adalah melakukan penggantian ram. 
Kirannya cukup segitu dulu uraian dari permasalahan yang kita hadapi bersama, bila ada perntanyaan ataupun ide yang ingin Anda sampaikan silakan posting di komentar atau silakan kirim email ke saya dan akan kami urus secepatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Programming AT89s52 CHIP Enabled Program Error

Selamat malam bagi rekan semua. Sudah lama sekali rasanya jari saya tidak menuliskan sesuatu yang bermanfaat bagi teman-teman semua. Di malam idul fitri ini saya ingin membagikan artikel pendek mengenai solusi dan cara mengatasi "Chip Enabled Program Error" yang terjadi ketika kita mau membakar kode ke dalam Chip AT89s52 dengan menggunakan USBASP. Sebelumnya saya juga mencari tahu sana sini untuk memecahkan masalah ini dan setelah tiga bulan pencarian dan dengan kenekatan keuangan yang sangat tipis akhirnya saya mampu mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah ini. Berikut caranya silakan baca perlahan dan coba pahami biar sukses. 1. Silakan geser slider dengan tulisan programming di sebelah kiri ProgISP menjadi Low. Setelah itu coba lagi. 2. Bila cara di atas tidak manjur silakan pakai cara kedua ini. Menurut datasheetnya untuk memprogram At89s51/T89s52 nilai tegangan pada kaki RST harus tinggi, maka silakan naikkan nilai tegangan pada kaki 9/RST. Bila masih bing

Cara mengetahui tombol download palsu

Untuk menghindari tombol download palsu atau jebakan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan: Periksa URL halaman web secara cermat. Pastikan bahwa URL yang tercantum di bilah alamat adalah URL yang asli dan terpercaya. Hindari mengklik tombol download dari halaman web yang memiliki URL yang mencurigakan atau tidak dikenal. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya mencurigakan. Perhatikan tampilan tombol download, apakah terlihat asli dan terpercaya atau tidak. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya aneh atau terlalu mencolok. Gunakan software antivirus dan firewall yang terbaru. Software antivirus dan firewall akan membantu melindungi komputer Anda dari serangan malware dan virus. Pastikan software antivirus dan firewall yang Anda gunakan selalu terbaru dan diperbarui secara teratur. Hindari mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya. Jangan mengunduh file dari situs web atau sumber yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Pastikan bahwa sumber file yang A

Charging laptop sambil berkendara

Selamat pagi teman-teman semua kali ini saya akan berbagi tips sederhana yang sangat berguna bagi para pekerja lepas yang selalu bepergian jauh dan mempunyai waktu istirahat yang lumayan pendek. Tips ini saya bagikan bagi mereka teknisi lepas dan sering berpindah tempat menggunakan motor atau kendaraan roda dua pada umumnya. Sebelum melangkah ke tips tersebut akan saya jelaskan sedikit alasan kenapa saya harus berbagi tips ini. Suatu saat yang lalu saya merupakan teknisi dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dan kebetulan saya merupakan spesialis hardware sehingga pekerjaan saay utamanya berhubungan dengan hardware, bisa mesin pencetak mesin imaging sampai dengan mesin pengirim data yang merupakan produk prototype. Untuk menunjang kelancaran tugas saya, saya sering naik angkutan umum sebagai contoh bus antar kota antar propinsi, untuk mencapai tujuan di mana klien kami berada. Selama naik angkutan  umum saya mengalami banyak masalah seperti peralatan saya yang menggun