Langsung ke konten utama

Perbedaan Wi-Fi Mode AC,B,G, dan N




Kali ini tips komputer yang akan saya bahas adalah mengenai perbedaan serta fungsi dari mode perangkat penerima nirkabel atau yang sering disebut dengan Wi-Fi. Kenapa saya membahas ini? tujuan dari pembahasan ini untuk memperjelas maksud dan tujuan pembeda antara mode satu dengan yang lain. Selain itu tujuan saya berbagi informasi ini untuk memberikan masukan bagi saudara-saudara kita yang menempuh pendidikan di tingkat sekolah kejuruan agar lebih memahami apa yang disebut dengan Mode Wi-Fi tersebut, walau kali ini saya tidak akan menyebutkan merek ataupun tipe dari suatu perangkat keras. Peralatan ini sudah jamak ditemui pada hampir semua perangkat baik perangkat bergerak/mobile dan juga perangkat yang tak bergerak ataupun yang berbentuk rak space. Fungsi utama dari perangkat radio ini adalah untuk berkomunikasi antara sebuah peralatan dengan peralatan yang lain. 

Perbedaan mode wifi
Mode Wi-Fi

  Dalam proses komunikasi tersebut pastinya ada beberapa hal untuk membatasi atau memberikan ukuran agar suatu wilayah/domain komunikasi tersebut tidak saling tumpang tindih. Oleh sebab itu lahirlah Wi-Fi dengan mode b dan seterusnya seperti yang kalian lihat pada gambar di atas. Untuk lebih mengetahui kemampuan dan sedikit data teknisnya mari lihat penjelasan di bawah.
  • Wi-Fi B
Radio dengan mode B memiliki kecepatan di angka 11 Mbps dengan jarak jangkau indoor atau dalam ruangan sejauh 0.035 Km dengan frekuensinya sebesar 2,4 GHz. Perangkat dengan mode ini sangat cocok dipasang di dalam rumah dengan antena berbentuk Omni agar semua sudut dalam rumah mendapatkan sinyal. Perlu diingat bahwa jarak tersebut hanya hitungan pancaran bebas berdasarkan rumus saja. Jarak tersebut dapat berkurang apabila dalam ruangan tersebut terdapat benda-benda yang mampu meredam sinya radio seperti TV, Microwave, Almari Es dll.
  • Wi-Fi G
Radio dengan mode G memiliki kecepatan di angka 54 Mbps dengan jarak jangkau indoor atau dalam ruangan sejauh 0.038 Km dengan frekuensinya sebesar 2,4 GHz. Radio dengan mode ini sudah banyak beredar di toko-toko peralatan komputer dan juga peralatan aksesoris keamanan. Selain itu banyak peralatan nirkabel saat ini yang memakai mode ini dengan alasan biaya produksi yang murah sebagai contoh IP TV/IP Cam kemudian Drone dan ada juga lampu yang memakai pengontrol Wi-Fi. Bagi kamu yang memiliki sambungan internet di bawah 5 Mbps peralatan ini sudah sesuai untuk kamu pasang di rumah sebagai titik akses, selain biaya yang cukup terjangkau peralatan dengan mode ini sudah dapat mencakup hampir keseluruhan ruangan dalam rumah dengan syarat tidak ada benda penghalang radio yang bebas berkeliaran seperti yang disebutkan di atas. 

  • Wi-Fi N
Radio dengan mode N memiliki kecepatan di angka 300 Mbps dengan jarak jangkau indoor atau dalam ruangan sejauh 0.070 Km dengan frekuensinya sebesar 2,4 GHz dan 5 GHz. Kalau radio dengan mode ini memang sering dipakai untuk tempat-tempat nongkrong seperti Kafe, restoran, dan juga warung-warung di pinggir jalan. Selain memiliki kecepatan akses yang cukup lumayan dan tahan terhadap keroyokan perangkat dalam jumlah banyak semisal satu RT nyambung semua, peralatan ini juga memiliki jangkauan harga yang lumayan alias range harga menengah ke atas. Beberapa penyedia jasa internet lokal/ISP lokal biasanya memakai pesawat dengan mode ini dengan lebar pita 2,4 Ghz dengan beberapa pengaturan yang disesuai agar jarak pancar dapat menjangkau beberapa blok, semisal tinggi menara pemancar yang mencapai 15 meter dan penggunaan antena Omni ataupun yagi. Ada juga beberapa ISP yang menggunakan peralatan tipe ini dengan lebar pita 5 GHz. Bagi ISP yang memakai peralatan dengan lebar pita 5,8 Ghz ke atas otomatis haru memiliki beberapa izin seperti yang tercantum dalam PM no 7 tahun 2009. Untuk aturannya sendiri dapat dilihat di sini , bagi kamu yang mau atau akan mempertimbangkan menggunakan peralatan tipe ini sebaiknya periksa dulu aturan mainnya daripada nanti menyesal.


  • Wi-Fi AC
  • Radio dengan mode N memiliki kecepatan di angka 1 Gbps dengan jarak jangkau indoor atau dalam ruangan sejauh 0.035 Km dengan frekuensinya sebesar 5 GHz. Nah inilah perlatan yang paling sering digunakan ISP yang bertaraf nasional, karena selain memiliki lebar pita yang cukup tinggi radio dengan tipe ini juga memiliki daya listrik yang cukup lumayan dibandingkan dengan yang mode yang di atasnya. Dengan pengaturan yang sesuai mulai dari tinggi menara pemancar, jenis antena, jenis kabel yang dipakai hingga sudut elevasi maka dapat diperoleh jarak yang cukup lumayan jauh. Beberapa penyedia jasa layanan internet antar kota biasanya menggunakan pesawat dengan mode ini dengan ketinggian menara antara 25 meter hingga 65 meter yang dilengkapi dengan antena parabolik dan juga pembagi bandwidht/kecepatan. 
    Channel
    Sedangkan channel sendiri berguna untuk menentukan lebar pita dan kecepatan yang Anda pakai saat Anda melakukan komunikasi antar perangkat. Sebagai contoh bila Anda menggunakan lebar channel 20Mhz maka jarak jangkau radio Anda akan sedikit lebih jauh tetapi kecepatan akan turun karena menyesuaikan dengan kelas dari perangkat tersebut dan berlaku sebaliknya pada lebal channel 40 mz.
    Sementara sebegitu dulu pemaparan dari saya pada hari ini bila ada yang kurang jelas dengan perkataan saya yang seperti penjual jamu tersebut silakan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah psotingan ini. Terima kasih telah mampir.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Programming AT89s52 CHIP Enabled Program Error

    Selamat malam bagi rekan semua. Sudah lama sekali rasanya jari saya tidak menuliskan sesuatu yang bermanfaat bagi teman-teman semua. Di malam idul fitri ini saya ingin membagikan artikel pendek mengenai solusi dan cara mengatasi "Chip Enabled Program Error" yang terjadi ketika kita mau membakar kode ke dalam Chip AT89s52 dengan menggunakan USBASP. Sebelumnya saya juga mencari tahu sana sini untuk memecahkan masalah ini dan setelah tiga bulan pencarian dan dengan kenekatan keuangan yang sangat tipis akhirnya saya mampu mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah ini. Berikut caranya silakan baca perlahan dan coba pahami biar sukses. 1. Silakan geser slider dengan tulisan programming di sebelah kiri ProgISP menjadi Low. Setelah itu coba lagi. 2. Bila cara di atas tidak manjur silakan pakai cara kedua ini. Menurut datasheetnya untuk memprogram At89s51/T89s52 nilai tegangan pada kaki RST harus tinggi, maka silakan naikkan nilai tegangan pada kaki 9/RST. Bila masih bing

    Cara mengetahui tombol download palsu

    Untuk menghindari tombol download palsu atau jebakan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan: Periksa URL halaman web secara cermat. Pastikan bahwa URL yang tercantum di bilah alamat adalah URL yang asli dan terpercaya. Hindari mengklik tombol download dari halaman web yang memiliki URL yang mencurigakan atau tidak dikenal. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya mencurigakan. Perhatikan tampilan tombol download, apakah terlihat asli dan terpercaya atau tidak. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya aneh atau terlalu mencolok. Gunakan software antivirus dan firewall yang terbaru. Software antivirus dan firewall akan membantu melindungi komputer Anda dari serangan malware dan virus. Pastikan software antivirus dan firewall yang Anda gunakan selalu terbaru dan diperbarui secara teratur. Hindari mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya. Jangan mengunduh file dari situs web atau sumber yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Pastikan bahwa sumber file yang A

    Charging laptop sambil berkendara

    Selamat pagi teman-teman semua kali ini saya akan berbagi tips sederhana yang sangat berguna bagi para pekerja lepas yang selalu bepergian jauh dan mempunyai waktu istirahat yang lumayan pendek. Tips ini saya bagikan bagi mereka teknisi lepas dan sering berpindah tempat menggunakan motor atau kendaraan roda dua pada umumnya. Sebelum melangkah ke tips tersebut akan saya jelaskan sedikit alasan kenapa saya harus berbagi tips ini. Suatu saat yang lalu saya merupakan teknisi dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dan kebetulan saya merupakan spesialis hardware sehingga pekerjaan saay utamanya berhubungan dengan hardware, bisa mesin pencetak mesin imaging sampai dengan mesin pengirim data yang merupakan produk prototype. Untuk menunjang kelancaran tugas saya, saya sering naik angkutan umum sebagai contoh bus antar kota antar propinsi, untuk mencapai tujuan di mana klien kami berada. Selama naik angkutan  umum saya mengalami banyak masalah seperti peralatan saya yang menggun