Langsung ke konten utama

Waspada iklan menjadi jutawan dalam sehari


   Selamat sore, hari ini setelah sekian lama disibukkan oleh pekerjaan yang luar biasa bertumpuk maka inilah saatnya bagi saya untuk mengirim pembaruan. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan menyertakan gambar atau pun ilustrasi dari suatu kejadian dengan tujuan untuk melindungi identitas dari para korban. Untuk lebih rincinya akan saya sampaikan di bawah, mohon perhatikan setiap kata yang saya tulis sehingga Anda tidak mengalami yang namanya komunikasi tidak nyambung atau pun makna yang mlintir.

   Beberapa saat lalu kurang lebih sekitar satu tahun pada awal pandemi Covid-19, ada beberapa email yang masuk ke inbox saya untuk menyanyakan legitimasi dari sebuah iklan dan penawaran pekerjaan online. Kebetulan para penanya adalah mantan karyawan-karyawan kantoran seperti saya sendiri yang mengalami pemutusan hubungan kerja. Dalam iklan tersebut dimuat suatu tulisan yang besar dan seolah-olah menawarkan sesuatu yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun dari rumah disertai dengan penghasilan dengan angka nol yang cukup fantastis. Sebagai contoh: si A bekerja dari rumah hanya dengan mengetik saja dia mampu menghasilkan sekian jeti dari kamar tidurnya yang kecil. Bila dilihat sekilas otomatis tulisan tersebut tampak menarik terutama bagi orang-orang yang sedang memerlukan pekerjaan untuk menghidupi keluarganya. Selain itu dengan bumbu gambar tumpukan uang disertai suara dari para pemeran di iklan videonya hal tesebut tentunya akan juga tampak menggoda bagi para anak muda yang baru lulus sekolah. Mereka pasti membayangkan pekerjaan sederhana hanya mengetik saja mereka bisa mencukupi seluruh kebutuhan yang ada di rumah. 
    Tapi bila kalian pikir dan rasakan dengan seksama kalian akan merasa sedikit janggal dengan iklan tersebut. Pastilah ada satu atau dua pertanyaan yang timbul dalam otak kalian, apa mungkin hal tersebut bisa jadi kenyataan? Sesuatu yang sulit untuk dibayangkan terutama bagi anak-anak muda yang masih berusaha untuk membangun karier. Bila kalian melihat iklan ataupun website yang hanya terdiri dari satu atau dua halaman entah dia berbahasa nasional kita atau pun bahasa lain dengan menyugguhkan iming-iming kerja mudah dengan hasil luar biasa, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah penipuan.
Bagaimana kita dapat mengenali penipuan model ini? Berikut akan saya sampaikan beberapa ciri yang selalu menyertainya sehingga diharapkan tidak akan timbul korban di kemudian hari.
   
  1. Iklan tersebut selalu mengarah ke (Landing page/Halaman pancingan) yang berisi artikel, gambar, video dan beberapa kesaksian (palsu) dari para pengikutnya.
  2. Terdapat sebuah artikel panjang dengan beberapa deskripsi/gambar dengan rincian nama anggota yang telah bergabung disertai kesaksian dan juga foto keberhasilan mereka setelah bergabung, yang mana semua itu adalah palsu.
  3. Kalian akan disuguhi formulir pendaftaran untuk menjadi anggota dengan rincian yang agak mencurigakan di mana tidak tertulis dengan jelas nominal keanggotaannya.
  4. Seolah-olah kalian akan mendapatkan sebuah produk setelah bergabung yang biasanya berupa e-book yang mana ebook tersebut merupakan scrap dari beberapa situs yang sudah ada.
  5. Situs tersebut tidak dapat menunjukkan dengan jelas alamat kantor, nomor telepon, bahkan sertifikasi BBB yang menjamin keabsahan dari suatu usaha/bisnis.
  6. Kalian tidak akan pernah bisa mengobrol secara langsung baik lewat video call/atau pun suara dengan pemilik situs tersebut/pelakunya. Bilapun kalian dapat berbicara lewat video dengan orang yang ada di balik bisnis/iklan tersebut maka dapat dipastikan bahwa orang tersebut merupakan orang suruhan yang tidak tahu apa-apa mengenai bisnis tersebut.
    Untuk sementara hanya sampai di sini dahulu saya dapat menyampaikan artikel ini, bila nanti ada kesempatan akan saya sambung kembali. Bila ada yang kurang jelas mengenai artikel di atas silakan saja untuk menulis komentar di bawah. Jangan sungkan untuk meninggalkan jejak kalian di sini.

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Programming AT89s52 CHIP Enabled Program Error

Selamat malam bagi rekan semua. Sudah lama sekali rasanya jari saya tidak menuliskan sesuatu yang bermanfaat bagi teman-teman semua. Di malam idul fitri ini saya ingin membagikan artikel pendek mengenai solusi dan cara mengatasi "Chip Enabled Program Error" yang terjadi ketika kita mau membakar kode ke dalam Chip AT89s52 dengan menggunakan USBASP. Sebelumnya saya juga mencari tahu sana sini untuk memecahkan masalah ini dan setelah tiga bulan pencarian dan dengan kenekatan keuangan yang sangat tipis akhirnya saya mampu mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah ini. Berikut caranya silakan baca perlahan dan coba pahami biar sukses. 1. Silakan geser slider dengan tulisan programming di sebelah kiri ProgISP menjadi Low. Setelah itu coba lagi. 2. Bila cara di atas tidak manjur silakan pakai cara kedua ini. Menurut datasheetnya untuk memprogram At89s51/T89s52 nilai tegangan pada kaki RST harus tinggi, maka silakan naikkan nilai tegangan pada kaki 9/RST. Bila masih bing

Cara mengetahui tombol download palsu

Untuk menghindari tombol download palsu atau jebakan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan: Periksa URL halaman web secara cermat. Pastikan bahwa URL yang tercantum di bilah alamat adalah URL yang asli dan terpercaya. Hindari mengklik tombol download dari halaman web yang memiliki URL yang mencurigakan atau tidak dikenal. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya mencurigakan. Perhatikan tampilan tombol download, apakah terlihat asli dan terpercaya atau tidak. Hindari mengklik tombol download yang tampilannya aneh atau terlalu mencolok. Gunakan software antivirus dan firewall yang terbaru. Software antivirus dan firewall akan membantu melindungi komputer Anda dari serangan malware dan virus. Pastikan software antivirus dan firewall yang Anda gunakan selalu terbaru dan diperbarui secara teratur. Hindari mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya. Jangan mengunduh file dari situs web atau sumber yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Pastikan bahwa sumber file yang A

Charging laptop sambil berkendara

Selamat pagi teman-teman semua kali ini saya akan berbagi tips sederhana yang sangat berguna bagi para pekerja lepas yang selalu bepergian jauh dan mempunyai waktu istirahat yang lumayan pendek. Tips ini saya bagikan bagi mereka teknisi lepas dan sering berpindah tempat menggunakan motor atau kendaraan roda dua pada umumnya. Sebelum melangkah ke tips tersebut akan saya jelaskan sedikit alasan kenapa saya harus berbagi tips ini. Suatu saat yang lalu saya merupakan teknisi dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dan kebetulan saya merupakan spesialis hardware sehingga pekerjaan saay utamanya berhubungan dengan hardware, bisa mesin pencetak mesin imaging sampai dengan mesin pengirim data yang merupakan produk prototype. Untuk menunjang kelancaran tugas saya, saya sering naik angkutan umum sebagai contoh bus antar kota antar propinsi, untuk mencapai tujuan di mana klien kami berada. Selama naik angkutan  umum saya mengalami banyak masalah seperti peralatan saya yang menggun